Ujian Nasional

Ujian Nasional

Hakikatnya sebuah pendidikan merupakan sebuah mesin atau sebuah alat untuk mencetak kader-kader militan dan kader-kader kualitas bagi bangsa Indonesia.
Pendidkan merupakan mesin utama untuk memperjuangkan Ideologi sebuah bangsa, jika pendidikan sudah buruk maka dapat dipastikan proses memperjuangkan Ideologi di Negara yang bersangkutan pasti berjalan buruk.
Analoginya seperti ini, jika kita memiliki sebuah pabrik roti maka kita akan membutuhkan bahan yang berkualitas dan juga mesin yang berkualitas agar bisa menghasilkan roti yang berkulitas. Dengan adanya roti yang berkualitas akan membuat pabrik kita dipandang sebagai pabrik roti yang mampu membuat suatu produk yang berkualitas pula.
Pun sama dengan sebuah negara, idealnya sebuah negara harus punya SDM yang bagus serta sistem pendidkan yang bagus agar bangsa ini mampu menghasilkan kader-kader berkualitas yang nantinya juga berguna untuk memperjuangkan Ideologi bangsa ini.
Seperti kita ketahui bersama bahwa negara merupakan kumpulan masyarakat, dimana masyarakat ini nantinya secara sadar atau tidak sadar akan membentuk sebuah sistem atau struktur atau organisasi yang nantinya disebut sebagai negara. Nantinya akan ada yang namanya fungsionalisasi dan kedudukan, yang nantinya akan menghasilkan sektor-sektor kehidupan yang harus kita kelola bersama.
Itulah negara, akan berjalan ketika sistem sosial masyarakatnya bisa berjalan. Untuk bisa berjalan negara butuh SDM berkualitas untuk mengisi bidang-bidang yang ada dalam sektor-sektor masyarakat.
SDM-SDM ini nantinya diharapkan membangun sektor-sektor masyarakat, ketika semua sektor terbangun maka negara yang utuh dan maju secara otomatis akan terbangun juga.
Saya begitu miris melihat sistem pendidikan di Indonesia, saya langsung to the point saja pada UNAS.
UNAS merupakan sebuah tolak ukur apakah sebuah negara mampu mencetak kader berkualitas apa bukan, tapi secara fakta banyak sekali kecurangan yang terjadi di dalam UNAS salah satu contoh yang paling fenomenal adalah beredarnya kunci jawaban sebelum UNAS dilangsungkan.
Bagaimana negara Indonesia bisa maju, jika sistem sudah mendukung hal yang seperti itu. Bagaimana Negara Indonesia bisa maju jika SDM-SDM yang dihasilkan hanyalah hasil instans dari hasil proses pendidikan yang sangat kumuh.
Sampai kapan ini terjadi, malu pada hati nurani...

By DANI CAMARA

 
Sebuah Impian Kehidupan: x Dani Camara | www | D | ok | Facebook | Twitter